Selasa, 28 Oktober 2014

Hukum Gossen




Hai sahabat! Gimana kabar kalian? Semoga kalian diberikan kesehatan, Amin. Kali ini saya akan memposting tentang hukum Gossen, monggo didelok!







Sebelum saya memposting hukum Gossen saya akan memberikan sekilas biodata tentang Hermann Heinrich Gossen.
Hermann Heinrich Gossen (Lahir: Duren 7 September 1810. Meninggal: Keulen, 13 Februari 1858) adalah seorang ahli ekonomi berkebangsaan Jerman yang menjadi pelopor aliran "Batas Kepuasan" atau "Kepuasan Marginal" (Marginal Utility). Karya satu-satunya berjudul Entwicklung der Geseize des menschlichen Verkehrs und der daraus flieszenden regeln fur menschiliches handeln yang diterbitkan pada tahun 1854.

Beliau juga menciptakan suatu hukum yaitu hukum Gossen 1 dan hukum Gossen 2 yang   berisi :

1. Hukum Gossen 1
"Jika pemenuhan kebutuhan akan suatu jenis barang dilakukan secara terus-menerus, maka nilai rasa nikmatnya mula-mula akan tinggi, namun semakin lama kenikmatan tersebut semakin menurun sampai akhirnya mencapai batas jenuh."

Maksud dari hukum Gossen 1, ketika kita menikmati suatu benda atau makanan pasti kalian akan ketagihan dan ingin lagi, tetapi lama kelamaan, rasa nikmatnya menurun dan akhirnya mengalami kejenuhan.
Contohnya, kalian haus dan ingin minum air putih, satu gelas kalian merasakan kenikmatan yang luar biasa karena kalian haus dan kalian ingin menambah lagi, dua gelas kemudian rasa kenikmatan masih terasa, tetapi setelah tiga gelas kemudian rasa kenikmatannya berkurang sampai akhirnya kalian merasa mual karena kebanyakan minumair putih.

 
2. Hukum Gossen 2
 "Konsumen akan melakukan konsumsi sedemikian rupa sehingga nilai guna marjinal setiap barang dan jasa yang dikonsumsi akan sama."

Maksud dari hukum Gossen 2, ketika kita punya penghasilan kita akan mengatur keuangan kita sedemikian rupa sehingga kebutuhan kita terpenuhi.
Contohnya, seorang pegawai memiliki gaji Rp. 1.000.000. Maka si pegawai akan mengatur keuangannya sedemikian rupa, seperti, jika kebutuhan makan dan minum terpenuhi maka dia bisa membeli baju.



Demikian postingan jelek saya.
SEMOGA BERGUNA BAGI NUSA DAN BANGSA!!!!

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar