Kamis, 30 Oktober 2014

Struktur Sel Bakteri




Hari ini saya akan ngeposting tentang struktur sel bakteri. Hayo yag anak IPA wajib dibaca ini! :D





1. Kapsul atau Lapisan Lendir

Kapsul atau lapisan lendir merupakan lapisan tertular dari bakteri yang menyelimuti dinding sel. Ketebalan lapisan tersebut bervariasi pada berbagai jenis baktreri. Lapisan yang tebal disebut KAPSUL, sedangkan bila lapisannya tipis disebut LAPISAN LENDIR.


2. Dinding Sel

Dinding sel berfungsi untuk mempertahankan bentuk sel, memberikan perlindungan fisik, dan menjaga sel agar tidak pecah dalam lingkungan yang hipotonis (tekanan lebih rendah).


3. Membran Plasma

Membran plasma tersusun dari senyawa fosfolipid dan protein yang bersifat selektif permaebel (dapat dilewati oleh zat-zat tertentu). Fungsinya membungkus sitoplasma dan mengatur pertukaran zat yang berada di dalam sel dengan zat di luar sel. 


4. Ribosom

Ribosom merupakan organel-organel kecil yang tersebar di dalam sitoplasma dan berfungsi dalam sintetis protein. Ribosom tersusun dari senyawa protein dan RNA. 


5. Pilus atau Fimbria

Pilus adalah struktur seperti flagela, tetapi berupa rambut-rambut berdiameter lebih kecil, pendek, dan kaku, yang terdapatdisekitar dinding sel.
Fungsinya yaitu   :
- Membantu bakteri menempel pada suatu medium tempat hidupnya.
Melekatkan diri dengan sel bakteri lainnya, sehingga terjadi transfer DNA pada saat terjadi konjugasi.


6. Sitoplasma

Sitoplasma bakteri merupakan cairan koloid yang mengandung molekul organik (lemak, protein, karbohidrat), garam-garam mineral, enzim, DNA, klorosom, dan ribosom. Berfungsi sebagai tempat terjadinya reaksi-reaksi metaboslime sel.


7. Flagela

Flagela adalah bulu cambuk yang tersusun dari senyawa protein, terdapat pada dinding sel, dan berfungsi sebagai alat gerak.       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar